Bagikan

Apa Itu Smart Home System di indonesia ?

Apa sih Kelebihan dan Kekurangannya serta bagaimana system kerjanya.

 Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Beberapa tahun belakangan istilah rumah pintar atau smart home makin santer terdengar.

Hal ini seiring dengan berkembangnya inovasi teknologi yang membawa kepraktisan tidak hanya dalam urusan bisnis dan pekerjaan melainkan juga urusan domestik alias rumah.

Tuntutan tersebut yang kemudian diwujudkan pengembang dalam membangun produk perumahan maupun apartemen baru.

Embel ‘smart home’ pun seolah mampu menjadi booster dalam menaikkan harga jual rumahnya.

Wajar saja, sebab instalasi dalam pemasangan sistem rumah pintar tidak bisa dikatakan murah.

Akan tetapi, bagi sebagian orang hal ini justru sepadan dengan apa yang akan didapat yakni kemudahan dan keamanan lebih mumpuni.

Simak paparan dalam artikel berikut ini:

1. Apa Itu Smart Home System?

Apa Itu Smart Home System di Indonesia?

Baca juga : Alasan Utama Kenapa Harus Pilih Juanda City Park

Smart home sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi  canggih, sehingga seluruh perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung.

Di mana teknologi yang disematkan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari mana saja dan kapan saja.

Pengaturan dilakukan tentunya dengan mengandalkan koneksi internet dengan perangkat seluler (smarthphone) sebagai media/remotnya.

Artinya, sebagai pemilik rumah Anda dapat mengendalikan perangkat (perlengkapan maupun peralatan) di dalam rumah secara remote atau jarak jauh.

Meski sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2000-an silam, sistem smart home Indonesia belakangan ini baru mendapat perhatian dari publik.

Oleh karenanya, sistem rumah pintar atau smart home system menghubungkan seluruh perangkat di rumah, sehingga memungkinkan penghuninya untuk mengontrol beragam fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu ruangan, pencahayaan, mengaktifkan AC, mematikan TV bahkan home theater dari jarak jauh.

Baca Juga : Desain Rumah Modern | Populer Di Kalangan Milenial

Secara tampilan, rumah yang dilengkapi smart home system nampak tidak berbeda dengan rumah konvensional.

Menariknya lagi, ada pula yang menyematkan fitur mood lamp di sistem smart home. Fitur ini berfungsi mengubah warna lampu di dalam ruangan, serta dapat diatur lebih terang atau lebih redup sesuai dengan kebutuhan si penghuni.

Berbagai kemudahan tersebut tentunya membuat keberadaan smart home system memberi kenyamanan mumpuni. Bahkan ketika si penghuni meninggalkan rumah, mereka tak perlu khawatir karena bisa mengontrol sistem keamanannya setiap saat.

2. Kelebihan dan Kekurangannya ?

Apa Itu Smart Home System?

Baca juga : Promo Terbaru Juanda City Park

Kendati memberi kenyamanan, kemudahan, dan kepraktisan yang ideal bagi masyarakat modern, smart home system pun tak luput dari kelebihan dan kekurangan. Mengutip investopedia, berikut adalah plus minus dari rumah pintar.

  • Kelebihan Smart Home

Memasang sistem teknologi smart home membawa ketenteraman bagi pemiliknya. Bagaimana tidak,  mengontrol beragam perangkat seperti lampu dan AC tidak butuh remotnya masing-masing. Hanya dengan satu smartphone, semua hal bisa dilakukan secara cepat.

Belum lagi, sistem smart home memungkinkan adanya notifikasi yang muncul melalui ponsel apabila ada masalah di rumah. Misalnya, bel smart door  yang mampu membuat pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan tamu  yang datang ke rumah, bahkan saat mereka sedang tidak berada di rumah.

Atau fitur deteksi asap yang langsung muncul di notifikasi pada aplikasi smart home untuk menginfokan penghuni akan ancaman kebakaran.

Baca Juga : Type La Pisa ( 2 Kamar tidur )

Penggunaan sistem smart home memungkinkan pemilik rumah bisa mendapat keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Paslnya peralatan dan elektronik dapat digunakan dengan lebih efisien, sehingga berimbas pada penurunan biaya listrik.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan smart home system, sehingga tak ada lagi ungkapan lupa mematikan AC atau lampu saat penghuni sudah meninggalkan rumah.

  • Kekurangan Smart Home

Meski sistem smart home mampu menghemat biaya listrik, namun ternyata masih ada kekurangan dalam pengaplikasiannya. Di mana risiko keamanan dan bug acapkali mengganggu penggunanya. Apalagi saat ini makin banyak hacker alias pereteas yang mahir, sehingga memungkinkan mereka memperoleh akses ke peralatan rumah pintar yang didukung internet.

Untuk menyiasati hal tersebut, langkah-langkah taktis untuk meminimalisir risiko sebenarnya bisa dipraktekkan seperti  melindungi peralatan dan perangkat pintar dengan kata sandi yang kuat, menggunakan enkripsi jika tersedia, dan pastikan hanya menghubungkan perangkat terpercaya ke jaringan salah satu penghuni rumah. Dengan demikian, maka kemungkinan sistem bocor bisa dihindari.

Kekurangan smart home lainnya adalah biaya pemasangan yang relatif mahal. Bisa mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel. Ditambah lagi, kemampuan dan kondisi listrik di Indonesia yang sering tidak stabil.

Pasalnya jika jaringan listrik mati, diharapkan penghuni memiliki back-up dan safety system agar tidak terjebak di dalam rumah atau merusak sistem keamanan. Karena jika kejadian ini menimpa rumah, maka akan sangat membahayakan penghuni rumah yang sedang tidur atau bepergian.

3. Rekomendasi Smart home System Terbaik

Rekomendasi Smart home System Terbaik

Dalam pengoperasiannya, smart home system memerlukan sebuah gadget alias perangkat yang berfungsi sebagai alat pengendali. Jadi melalui gadget itulah, semua kebutuhan di rumah terhubung dan bisa dikontrol oleh penghuninya. Lantas, apa sajakah rekomendasi smart home system terbaik saat ini? Berikut empat perangkatnya seperti dikutip dari techhive.com.

  • Samsung SmartThings Hub (2018)

Samsung SmartThings Hub mampu mensinkronisasikan rumah dengan gaya hidup penghuninya, termasuk dalam membantu tugas rumah tangga serta aktivitas sehari-hari baik di dalam dan luar rumah.

SmartThings adalah kontrol jarak jauh multifungsi untuk rumah yang bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi. Seperti misalnya menyalakan TV dan penyedot debu lewat perintah suara, selama kedua perangkat elektronik tersebut sudah terhubung ke Wi-Fi atau jaringan nirkabel lain serta terdaftar dengan satu Samsung Account. Di pasaran, harga SmartThings dijual kisaran Rp1,5 jutaan.

Baca Juga : La Monza ( 3 + 1 Kamar Tidur )

  • Ring Alarm

Sistem keamanan rumah Ring Alarm dengan harga sekitar Rp2,9 jutaan ini menyajikan beragam fitur seperti keypad numerik, base station dengan sirene, sensor gerak, dan satu sensor pintu/jendela. Gadget ini digadang menjadi sistem keamanan terbaik di pasaran saat ini yang ideal bagi penghuni yang mendambakan rumah pintar.

Dalam pengoperasiannya, Ring Alarm kompatibel dengan beberapa produk pihak ketiga seperti outboard siren dari Dome dan smart smoke/carbon-monoxide detector dari First Alert. Menariknya, produk smart home ini memiliki kapasitas penyimpan cloud tak terbatas untuk rekaman video dari Ring’s video doorbells dan kamera keamanan.

  • Ecobee SmartThermostat

Ecobee SmartThermostat adalah termostat berbasis Wi-Fi yang memungkinkan penghuni  mengontrol pemanas rumah dan sistem AC dengan aplikasi atau menggunakan suara. Uniknya, Termostat ini sendiri dapat membaca suhu sekitar di ruangan mana pun gadget berada dan menyesuaikannya. Jika pemilik rumah ingin menyesuaikan suhu berdasarkan kondisi di ruangan lain, cukup alihkan ke sensor jarak jauh.

  • Yonomi

Jika Anda mencari one stop solution untuk mengotomatiskan rutinitas rumah pintar, maka Yonomi bisa menjadi alternatif terbaiknya. Pada dasarnya, Yonomi hanya sebuah aplikasi yang dapat Anda hubungkan ke semua jenis perangkat berbeda, menambahkan kontrol dan menyesuaikan otomatisasi sesuai keinginan Anda.

Pada dasarnya, aplikasi Yonomi yang bisa diakses melalui ponsel akan bertugas sebagai otak dari smart home. Lewat aplikasi tersebut, penghuni dapat mengatur rutinitas pesta makan malam untuk memutar musik melalui speaker Sonos, meredupkan pencahayaan, dan menyetel termostat ke suhu tertentu. Atau bahkan, mengatur acara terjadwal yang terjadi selama periode waktu tertentu pun sangat bisa dilakukan.

Baca Juga : Desain Rumah Klasik, Salah Satu Desain Populer

4. Juanda City Park Perumahan dengan Smart home System.

Mencari dan menemukan perumahan yang terintegrasi dengan smart home system saat ini bukanlah perkara sulit. Lantaran developer baik skala nasional maupun lokal telah mampu menjawab tantangan tersebut dengan wujud bervariasi. Tergantung harga rumahnya, hal ini akan berpengaruh juga terhadap fitur-fitur teknologi yang tersemat dalam rumah.

Berada di kawasan yang strategis dan premium serta di kelilingi dengan banyak perumahan, Juanda City Park melengkapi fitur smart home system pada Type terbaru unit rumahnya yaituType La Cassa ( 2 Kamar tidur )

Sebagai fasilitas penunjang kebutuhan penghuni, perumahan ini dibekali dengan kolam renang, fitnes center, billiard, food court,musholla, tenis meja, playground, one gate system dan keamanan 24 jam.

Compound Annual Growth Rate (CAGR) memprediksi bahwa pertumbuhan smart home di seluruh dunia akan meningkat hingga 29.5% di tahun 2020 mendatang.

Di mana wilayah Asia – Pasifik adalah lokasi tempat penerapan smart home system tertinggi, pada persentase 37.7%. Tingginya jumlah peminat smart home Indonesia juga tidak terlepas dari kemudahan instalasi dan fleksibilitas pengaturan sistem rumah pintar itu sendiri.

Smart home adalah pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki mobilitas dan kesibukan tingkat tinggi. Aktivitas pekerjaan mungkin akan membuat Anda jauh dari rumah.

Namun, berkat teknologi smart home system, kini Anda bisa mengontrol segala perangkat di rumah dari jarak jauh. Misalnya, Anda bisa menyalakan lampu di seluruh ruangan rumah saat malam hari. Anda bahkan bisa mengatur tingkat pencahayaan yang diinginkan.

Tentu ini akan membantu Anda menghemat tagihan listrik karena penggunaan lampu lebih efektif dan efisien.

Lebih dari itu, kontrol pada sistem rumah pintar dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, laptop, maupun PC Tablet.

Melalui koneksi internet, Anda bisa mengontrol segala keperluan perangkat yang ada di rumah. Tidak terkecuali mengatur sirkulasi udara di dalam rumah. Beberapa hunian yang dibekali smart home system juga memungkinkan penghuninya mengatur tirai jendela sesuai keinginan.

Teknologi smart home digadang-gadang menjadi konsep hunian masa depan. Tidak hanya unggul dengan teknologi dan fitur canggih yang digunakan, beberapa perusahaan elektronik juga mendukung upaya penerapan smart home system melalui produk-produk yang ‘ramah internet’.

Baca Juga : Bank Dengan Suku Bunga KPR Rendah 2021

Apa Itu Smart Home System di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *